RSM Ahmad Dahlan Kota Kediri

Gawat Darurat I (0354) 7417333

Sejarah RSM Ahmad Dahlan

February 21st, 2019

Periode Perintisan Tahun 1967
Seiring dengan berdirinya Panti Asuhan Muhammadiyah Kota Kediri akibat tragedi G 30 S PKI, maka para perintis Panti Asuhan Muhammadiyah Kota Kediri mendirikan Balai Pengobatan Umum dan Rumah Bersalin Muhammadiyah Cabang Mojoroto Kotamadya Kediri dengan surat ijin operasional Dekes Propinsi Jawa Timur No. 19 / 1968 pada tanggal 1 Oktober 1968.
Pada saat tersebut jumlah tenaga Balai Pengobatan Umum dan Rumah Bersalin ada 12 orang, dengan jenispelayanan sebagai berikut:
1. Poliklinik Umum
2. Persalinan
3. Menerima HI pegawai negeri

Periode Pembenahan Tahun 1979 s/d 1980
Oleh karena terjadi pasang surut pelayanan dan tenaga ahli di Balai Pengobatan Umum dan Rumah Bersalin, maka dilanjutkan pembenahan kepengurusan dan fasilitas, serta mendapatkan bantuan tenaga kesehatan 2 orang bidan dan 3 orang perawat dari Majelis Pembina Kesehatan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (MPK-PWM) Propinsi Jawa Timur

Periode Pembenahan Tahun 1980 s/d 1990
Pada saat ini kegiatan Balai Pengobatan Umum dan Rumah Bersalin mulai ditertibkan dengan cara :
a. Pembenahan dan penambahan fasilitas Rawat Inap dan penunjang kamar obat dan Gizi.
b. Pengangkatan pegawai medis dan Non medis.

Periode Pembenahan Tahun 1990 s/d 1995
Dengan bergantinya kepengurusan Majelis Pembina Kesehatan Kota Kediri, maka mulai dikembangkan Balai Pengobatan Umum dan Rumah Bersalin dengan cara :
a. Renovasi gedung utama
b. Menerima dokter umum
c. Menyekolahkan perawat
d. Memperbarui ijin opersional dari Balai Pengobatan Umum dan Rumah Bersalin menjadi RSIA (Rumah Sakit Ibu dan Anak) Ahmad Dahlan Muhammadiyah Kota Kediri.

Periode Pembenahan Tahun 1995 s/d 2000
Pada saat ini ada peningkatan volume kegiatan di Balai Pengobatan Umum dan Rumah Bersalin.Seiring dengan pembangunan kamar operasi, maka mulai datanglah para dokter mitra yang bekerjasama dengan para pengurus Balai Pengobatan dan Rumah Bersalin Muhammadiyah Kota Kediri.
Juga telah turunnya Ijin Operasional Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Ahmad Dahlan Muhammadiyah Kota Kediri dengan Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : YM.02.04.2.2.201.
Pada saat ini terjadi pengembangan :
a. Jenis Pelayanan :
• Poliklinik Anak
• Poliklinik Kebidanan dan Penyakit Kandungan
• Poliklinik Umum
• Rawat Inap
b. Fasilitas Layanan
• Pembangunan Kamar Operasi dan fasilitas pendukungnya
• Renovasi Kamar Bersalin
• Renovasi Unit Gawat Darurat
• Pembangunan 5 ( lima ) Kamar VIP

Periode Pembenahan Tahun 2003 s/d 2005
Sejak Pebruari 2003 ruang Balita dilantai dua mulai beroperasional dengan kapasitas 9 ( sembilan ) tempat tidur dan ruang bayi ( Neonatus ) dengan kapasitas 3 ( tiga ) tempat tidur, sehingga secara keseluruhan ada 40 ( empat puluh ) tempat tidur.
Pada saat inilah RSIA Ahmad Dahlan Muhamamdiyah Kota Kediri mulai setapak demi setapak berkembang sehingga jumlah dan pasien yang berobat juga bertambah dan beragam penyakitnya.
Pada awal tahun 2004 tepatnya pada bulan Pebruari RSIA Ahmad Dahlan Muhammadiyah Kota Kediri telah menyelesaikan renovasi ruangan perawat menjadi ICU / ICCU ( Intensive Care Unit / Intersive Cardio Care Unit ) dengan jumlah tempat tidur 4 ( empat ) buah.
Dengan penambahan fasilitas pemeriksaan RSIA dengan pembelian USG (Ultra Sono Graphy), maka diperlukan ruangan khusus untuk kegiatan rawat jalan sehingga satu kamar Rawat Inap direnovasi menjadi ruangan poli.
Pada tahun tersebut kita mempunyai pelayanan sebagai berikut :
a. Unit Gawat Darurat 24 jam
b. Poliklinik Umum Setiap hari
c. Poliklinik Spesialis
– Kebidanan dan Penyakit Kandungan
– Anak
– Paru – paru dan Saluran Pernafasan
– Penyakit Dalam
– Jantung dan Pembuluh Darah
d. Rawat Inap
e. Intensive Care Unit / Intensive Cardio Care Unit (ICU/ICCU)
f. OK / Kamar Operasi
g. Laboratorium
Jumlah Kapasitas bed (tempat tidur) RSIA Ahmad Dahlan Muhammadiyah Kota Kediri pada saat ini ada 53 tempat tidur.
Tahun 2005 RSIA Ahmad Dahlan Muhammadiyah Kota Kediri, memperpanjang ijin operasionalnya.
Pada akhir tahun 2005 Majelis Kesehatan dan Kesejahteraan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (MKKM-PDM) Kota Kediri, melakukan pembelian tanah yang berlokasi di Kelurahan Ngampel Kecamatan Mojoroto Kota Kediri ( Jl. Gatot Subroto No.84 Kota Kediri ) seluas 9.904 meter persegi. Lahan ini Insyaallah akan dilaksanakan pembangunan mulai tahun 2008.

Periode Pembangunan Tahun 2011 – 2019
Atas Rahmad dan HidayahNYA pembangunan gedung baru RSM Ahmad Dahlan yang beralamat di Jalan Gatot Subroto No. 84 Kota Kediri telah selesai pada Tahun 2011.Relokasi dilakukan pada Maret 2011.Pembangunan terus dilakukan mulai Gedung Madinah dan Mekah dengan jumlah TT sebanyak 180 TT.Peningkatan mutu pelayanan terus kami tingkatkan dan pada tahun 2016 RSM membeli tanah beserta bangunannya tepat di sebelah Selatan RS.Dan mulai dilakukan renovasi pada tahun 2017.Gedung baru ini bernama Gedung Arofah yang memiliki 42 TT beserta 2 ruang Poli dan Lantai 2 untuk Perkantoran.Mulai beroperasi pada Akhir tahun 2018.